Sering mendengarkan musik karya Bach meningkatkan Atensi dan Memori

Saat anda bekerja, tentu dituntut untuk berpikir cerdas dan prima, agar kinerja di sekolah maupun tempat kerja menjadi tetap produktif.  Banyak cara yang bisa dilakukan dan mudah mengerjakannya, salah satunya adalah mendengarkan musik Bach. Beberapa penelitian mengatakan bahwa musik karya Bach yang ritmis dan lembut berpengaruh pada kemampuan menyerap informasi dan mengingat.

Limyati dkk ,melakukan penelitian  eksperimental dengan rancangan pre- dan post-test. Penelitian ini dilakukan pada 30 anggota paduan suara mahasiswa yang memenuhi kriteria penelitian. Data yang diukur yaitu waktu yang dibutuhkan untuk menulis dengan tepat tes Stroop dan jumlah kata yang dapat diingat dari tes recall memory sebelum dan sesudah mendengarkan musik Bach “Largo Ma Non Tanto”.

Hasil penelitian yang telah muat pada majalah Neurona vol. 36,no 1, Desember 2018,  didapatkan  Rerata tes Stroop lebih cepat pada saat post-test (17,56±3,82detik) dibanding saat pre-test (20,25±3,66 detik), dan rerata tes recall memory lebih besar pada saat post-test (14,13±1,43), dibanding saat pre-test (11,93±2,30). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Musik karya Bach “Largo Ma Non Tanto” meningkatkan atensi dan memori jangka pendek.

Jadi bagi Anda yang merasa atensi mudah terganggu dan sering lupa, boleh mencoba alunan karya Bach, tidak hanya membuat pikiran rileks, namun juga membuat otak lebih cerdas.

About the Author :

Leave a Comment

START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH